Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd

Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd lahir di Slawi (Tegal) 24 Desember 1977, beristri Hera Idris dengan dikarunia tiga anak (Nevatera, Eikasia, & Langit). Penulis menyelesaikan pendidikannya SD di Kedungbanteng, SMP Negeri 1 Pangkah dan SMA Negeri 2 Slawi. Setelah itu melanjutkan S1 dan S2 di Universitas Negeri Yogyakarta pada Program Studi Manajemen Pendidikan. Selama mahasiswa aktif mengajar, selain itu aktif juga di kegiatan intra dan ekstrakampus. Saat ini mengajar di Program Studi Manajemen Pendidikan Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Selama belajar dan menyelesaikan pendidikan S1 dan S2 penulis bekerja – mengajar  di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Sampai sekarang masih terlibat dengan forum-forum ilmiah, baik sebagai peserta maupun narasumber. Selain itu aktif menulis di berbagai jurnal, terutama bidang manajemen pendidikan. Pernah mendapat tugas tambahan sebagai Pejabat Kepala Sekolah Dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang, Kepala Laboratorium Jurusan, dan sekarang sebagai Sekretaris Jurusan Administrasi Pendidikan.  Terlibat dalam program DBE1 dan Prioritas USAID sebagai service provider, berlanjut sekarang sebagai konsultan di USAID Prioritas. Penulis aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik dilakukan secara individu dan banyak dilakukan secara kelompok. Penulis juga aktif di Sekolah Demokrasi yang diadakan oleh Averroes dan Komunitas Indonesia untuk Demokrasi,  serta berlanjut sekarang di Komunitas Batu untuk Demokrasi. Penulis dapat dihubungi melalui email: teguh.triwiyanto.fip@um.ac.id.

Saat ini tidak kurang dua puluh satu penelitian sudah dilakukan, tiga tahun terakhir Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd melakukan penelitian antara lain: Pemetaan dan Invetarisasi Kondisi Eksisting Sumber Daya Pendidikan Sekolah Menengah Pertama Se-Kota Blitar (Bappeda Kota Blitar, 2016), Standarisasi Penilaian Hasil Pelaksanaan  Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran (Kemenristek Dikti, 2016), Pengembangan Model Audit Manajemen Pendidikan Untuk Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Sekolah (Dikti, 2014-2015), Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah di Indonesia (Unicef, 2015), Pengelolaan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Dengan Jumlah Peserta Didik Di Atas 400 Kabupaten Sidoarjo Tahun 2015 (Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, 2015), Pengembangan Model Manajemen Peserta Didik dengan Pengintegrasian Balancing Competitive-Solidarity Value untuk Penyiapan Generasi Berkarakter Kompetitif dan Berkesetiakawanan Sosial Menyongsong Era Bonus Demografi (Dikti, 2014), Pengembangan Model Audit Manajemen Pendidikan Untuk Peningkatan Kinerja Manajerial Kepala Sekolah (Dikti, 2014), dan Layanan Manajemen Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Unggulan Studi Multi Situs Sekolah Menengah Pertama Negeri & Swasta (FIP UM, 2013).

Karya buku dan kumpulan tulisan dalam bentuk (prosiding) Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd antara lain: Membangunkan Manajemen Pendidikan Nasional: Revitalisasi Visi dan Strategi Menjinakkan Metakuasa Global (UM, 2016), Manajemen Sumber Daya Manusia Bidang Pendidikan (Bersama Nurul Ulfatin, Rajagrafindo Persada, 2016), Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran (Bumi Aksara, 2015), Audit Manajemen Pendidikan (UMPress, 2015), Muhammad Syafei: Menjadi Manusia Merdeka Berpikir Harus, Manusia Priyayi Elit Jangan (UM, 2015), Pengantar Pendidikan Bumi Aksara, 2014), Hakikat Manusia, Aliran-Aliran, Sistem,Layanan, & Persoalan Pendidikan (UM, 2014), Perbaikan Perencanaan, Pengembangan & Pendayagunaan Sumber Daya Melalui Pengukuran Kinerja Manajerial Kepala Sekolah (UNG, 2014), Karakter Bangsa Untuk Penguatan Kompetensi Administrator & Supervisor Persekolahan (Unimed, 2013), dan Ilmu, Teknologi, & Manajemen Pendidikan Tinggi Indonesia: Pergulatan Arus Struktural Global (2013).

Selin itu, Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd juga menulis diberbagai jurnal, nasional dan internasional, diantara judul-judul yang pernah ditulis: Important reasons and effort to build school work and committee harmony (An International  Multidiciplinary Refereed Journal  Acta Scientiae et Intellectus, Volume 1, Number 4, Desember, 2015), Pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan untuk Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, Februari 2015, Th. XXXIV, No. 1, halaman 67-77), Standar Nasional Pendidikan Sebagai Indikator Mutu Layanan Manajemen Sekolah (Jurnal Ilmu Pendidikan Jilid 19 Nomor 2, Desember 2013), Persoalan-persoalan Audit Manajemen di Perguruan Tinggi (Jurnal Manajer Pendidikan Volume 7 Nomor 4 Maret 2013), Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis sekolah Melalui Audit Manajemen Pendiidikan (Jurnal Manajemen Pendidikan Edisi 24, Nomor 2, September  2013), dan Kesulitan-kesulitan Penyebab Kegagalan Sertifikasi Guru Sekolah Dasar (Jurnal Pendidikan Pembelajaran, Edisi 34,Nomor 2 Oktober 2011).

Kegiatan pengabdian sebagai narasumber dan pendampingan kepada masyarakat yang pernah dilakukan antara lain: Perencanaan strategis untuk Diseminasi Program Pengambangan Profesional Berkesinambungan Tingkat Provinsi Jawa Timur (Usaid Prioritas, 2016), Semiloka Tim Pembina Bimbingan Teknis Peran Serta Masyarakat di Sekolah Dasar Tingkat Provinsi (Direktorat PSD Kemendikbud, 2016), Workshop Tim Pembina Bimtek Manajemen  Berbasis Sekolah dalam Rangka Implementasi Kurikulum dan Peran  Serta Masyarakat Tingkat Pusat Tahap II (Direktorat PSD Kemendikbud 2015), Workshop dan Pelatihan Manajemen  Berbasis Sekolah di Sulawesi Selatan (Unesco, 2015), Pendampingan untuk Penataan dan Pemerataan Guru (Penetapan Isu Strategis dan rencana Audiensi Publik) di Kabupaten Ngawi (2015), Pendampingan untuk Penataan dan Pemerataan Guru di Kabupaten Sampang (2015), Diseminasi Alpeka (Aplikasi Laporan Pertanggung-Jawaban Keuangan Dana Bos Tingkat Sekolah) BOS MTS di Kemenag Kab. Tuban (2015), Pelatihan Tenaga Admnistrasi Sekolah (SMP, SMA, SMK), dan UPTD Kabupaten Jember (2014) Pendampingan pembuatan Peraturan Bupati terkait dengan Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) dalam rangka Penataan dan Pemerataan Guru di Kabupaten Blitar (2014), Pendampingan untuk Penataan dan Pemerataan Guru di Kabupaten Lumajang (2014), Pendampingan untuk Penataan dan Pemerataan Guru di Kabupaten Pamekasan (2014), Workshop Tahap 2 Pelaporan BOS Jenjang SD se Provinsi Jawa Timur (2014, Pelatihan Tenaga Administrasi Kabupaten Lamongan Jawa Timur di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan (2014), dan Pelatihan Tenaga Administrasi Provinsi Jawa Timur (2014).

Teguh Triwiyanto, S.Pd, M.Pd pernah menjadi dosen berprestasi tingkat Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang tahun 2013. Asosiasi profesi yang diikuti baik sebagai pengurus dan anggota yaitu Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan (ISMaPI), International Conference Eduational Management Administration Leadership (ICEMAL), dan Asosiasi Program Studi Administrasi Manajemen Pendidikan Indonesia (APMAPI).

Leave a Comment