Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd

Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd

Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd adalah Dosen Jurusan Adminisitrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang, kandidat doktor Manajemen Pendidikan. Beliau menekuni manajemen pendidikan dengan menempuh pendidikan S1 Jurusan Administrasi Pendidikan (lulus tahun 1998) dan S2 Manajemen Pendidikan (lulus tahun 2010), serta sedang menempuh pendidikan S3 Manajemen Pendidikan. Ketiganya ditempuh di Universitas Negeri Malang.

Raden Bambang Supersono, S.Pd, M.Pd pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengembangan pembelajaran, di antaranya adalah Pelatihan Applied Approach (pelatihan perancangan pembelajaran) (2006), Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Bagi Dosen Universitas Negeri Malang (2007), dan Pendidikan dan Pelatihan Strategi Belajar Mengajar (2007). Sebagai dosen Universitas Negeri Malang, Beliau pun banyak membina perkuliahan belajar dan pembelajaran di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan Manajemen Kelas, Manajemen Peserta Didik, Manajemen Mutu Terpadu, dan Manajemen Sarana dan Prasarana di Jurusan AP.

Sebagai tenaga akademisi Universitas Negeri Malang, Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd memang tergolong sebagai dosen muda, namun sangat produktif dalam melakukan penelitian. Sementara ini penelitian-penelitian yang dilakukannya, antara lain:
1. Penelitian “Analisis Aspek Budaya Kerja pada Lingkungan Institusi Pendidikan di Jawa Timur.” (2006)
2. Penelitian “Pengembangan Model Pembelajaran Efektif Berbasis Masalah pada Matakuliah Kewirausahaan.” (2007)
3. Penelitian “Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Inovasi Pendidikan di SMAN se-Malang Raya,” (2008)
4. Penelitian “Peningkatan Keaktivan, Kreativitas, dan Motivasi Belajar melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Matakuliah Manajemen Perkantoran.” (2009)

Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan konferensi, seminar, lokakarya, dan symposium, baik di tingkat local, regional, nasional, maupun inetrnasional, baik sebagai peserta maupun sebagai pemakalah/narasumber. diantara adalah:
1. Sebagai peserta Seminar dan Workshop Lesson Study dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran, diselenggarakan oleh FMIPA Universitas Negeri Malang bekerja sama dengan JICA (2005).
2. Sebagai peserta Seminar Lokakarya Pengembangan Web dan Database dalam E-learning, diselenggarakan PCPT Sistem Informasi BAAKPSI Universitas Nageri Malang (2005).
3. Sebagai peserta Seminar Lokakarya Pengembangan dan Implementasi SOP (Standard Operating Procedure) dan Manual Mutu dalam Penjaminan Mutu, diselenggarakan Badan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Malang (2007).
4. Sebagai peserta Saresehan pakar dan Lokakarya Pengembangan Model Pembelajaran MKKI, diselenggarakan oleh FIP Universitas Negeri Malang (2007).
5. Sebagai peserta Seminar Nasional Sertifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, diselenggarakan oleh HMJ AP FIP UM (2008).
6. Sebagai peserta Seminar Nasional Menyongsong Implementasi Sertifikasi Kepala Sekolah, diselenggarakan oleh Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, (2008).
7. Sebagai peserta Seminar Nasional Pengembangan Keprofesional Guru yang diselenggarakan oleh Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (2009).
8. Sebagai Pemateri dalam Kegiatan Pendampingan/Expertasi Pengembangan Sekolah Model Terpadu (SMT) Kabupaten Bojonegoro, diselenggarakan oleh Sekolah Model Terpadu Bojonegoro (2010).
9. Seminar Internasional The Grand Design of Teacher Education and Educational Personnel, yang diselenggaraka oleh FIP Universitas Negeri Malang (2011).
10. Sebagai Pemakalah dalam Pelatihan Penggunaan Multi Teknik-Multi Media Komunikasi untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah Dasar se-Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang, (2009).
11. Tim Penilai Lomba Budaya Mutu Sekolah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SD Ditjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014).
12. Tim Evaluastor Seleksi Calon Pengawas dan Calon Kepala Sekolah Kota Surabaya (2009)
13. Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Bernuansa KTSP di SMP Plus Hidayatul Mubtadi’in Singosari Kab. Malang (2009)
14. Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala SMP N se-Kabupaten Jombang (2010)

Sejak diangkat sebagai tenaga akademisi Universitas Negeri Malang Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd juga sangat aktif dalam penulisan karya ilmiah. Beberapa di antaranya sebagai berikut:
1. Artkel berjudul Persepsi Siswa tentang Motivasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Guru terhadap Efektivitas Manajemen Kelas, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2009)
2. Artikel berjudul Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Inovasi Pendidikan, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2011)
3. Artkel berjudul Keefektivan Program Layanan Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi Analisis, Performansi, Kepuasan dan Tata Kelola, dimuat di dalam Jurnal Penelitian Pendidikan Lemlit Universitas Negerti Malang (2011)
4. Makalah berjudul Profesionalitas Kepala Sekolah dan Jaminan Mutu Pendidikan, dimuat dalam Prosiding International Conference Educational Management, Administration and Leadership (2012).
5. Artikel berjudul Iklim Sekolah, Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, dan Kinerja Guru, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2012).
6. Artkel berjudul Pengendalian Manajemen, Budaya Organisasi, Proses Kerja Tim, dan Kinerja Sekolah, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2013)
7. Artkel berjudul Peningkatan Keaktivan, Kreativitas, dan Motivasi Belajar Mahasiswa melalui Penerapan Model Project Based Learning (PBL), dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2014)
8. Artkel berjudul mplementasi Program Teacher Exchange dalam Meningkatkan Profesionalisme Gur dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2014)

Sejak tahun 2005 sampai sekarang Raden Bambang Sumarsono, S.Pd, M.Pd menajdi anggota Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia (ISMaPI), dan sejak tahun 2009 Beliau menjadi anggota Tim Monitoring dan Evaluasi PHKI dan aggota Tim AIMA Badan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Malang.

Leave a Comment