Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd adalah Guru Besar Universitas Negeri Malang dalam bidang Manajemen Pendidikan Dasar dengan konsentrasi penuh pada kepemimpinan pembelajaran. Bagi beliau, kepala sekolah adalah Kepala sekolah adalah “orchestrators of excellence in teaching and student learning.” Sampai saai ini beliau dipercaya menjadi Direktur Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Sabilillah Malang, sebuah lembaga pendidikan Islam yang unggul di Kota Malang dan telah menjadi rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter keislaman dan kebangsaan, serta kecendekiaan bertaraf internasional. Beliau membangun mutu TK/SD/SMP/SMA Islam Sabilillah Sabilillah Malang dan seluruh sekolah di Indonesia yang di-clonning Beliau melalui pengembangan dan pembinaan kepemimpinan pembelajaran pada semua level pimpinan. Konsetrasi keahlian beliau adalah kepemimpinan pembelajaran dalam konteks manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS) atau sering disebut dengan manajemen berbasis sekolah (MBS)

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd menekuni ilmu manajemen pendidikan dan kepemimpinan pembelajaran sejak tahun 1982 dengan menempuh pendidikan S1 di Jurusan Administrasi Pendidikan. Pada tahun 1988 menempuh pendidikan S2 Program Studi Manajemen Pendidikan, dan pada tahun 1990 menempuh pendidikan S3 Program Studi Manajemen Pendidikan. Ketiga pendidikan tersebut ditempuhnya universitas ternama dan membanggakan, yaitu Universitas Negeri Malang (UM). Selain itu, beliau pernah mendapatkan kesempatan melakukan studi banding, pendidikan dan pelatihan manajamen pendidikan, kepemimpinan pendidian, dan kekepalasekolahan ke beberapa negara, di antaranya Malaysia (2002), Jerman dan Bergia (2004) Austaralia (2006), Singapura (2006), National Institute of Education, Nanyang Technological University Singapura (2007), Institut Aminuddin Baki Ministry of Education Malaysia (2008), Yayasan Pendidikan PASIAT Ankara Turkye (2008), Guangxi Normal University, CHINA (2008). Lebih lanjut, selama menjabat sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Beliau beberapa kali melakukan kunjungan ke luar negeri, tepatnya Hongkong, Taiwan, Philipine, Nepal, Dubai, dan IOWA Amarika, dalam rangka menjadi Ketua Delegasi Olimpiade Internasional, Pesertasi Program Direktorat, dan menghadiri Forum Pertemuan Internasional.

Sejak tahun 1996 telah banyak jabatan yang diamanahkan kepada Beliau, tidak saja di kampus (UM) melainkan juga di luar kampus, sebagaimana berikut ini

  1. Kepala Laboratorium Jurusan Administrasi Pendidikan di Universitas Negeri Malang (1996—2001). lama menjadi Kepala Laboratorium Jurusan Administrasi Pendidikan, mengembangkan berbagai media praktik kepemimpinan dan manajemen pendidikan, melakukan pengadaan banyak referensi manajemen pendidikan untuk digunakan oleh mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Dengan program-program tersebut Laboratorium Jurusan Administrasi Pendidikan menjadi pusat sumber belajar mahasiswa dalam bidang manajemen pendidikan, kepemimpinan pendidikan, dan supervisi pendidikan.
  2. Kepala Pusat Penelitian Pendidikan di Universitas Negeri Malang (2001—2003). Selama menjadi Kepala Pusat Penelitian Pendidikan menumbuh-kembangkan semangat dosen menyusun proposal penelitian pendidikan, membangun jejaring kerjasama penelitian pendidikan dengan Direktorat Pembinaan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ditjen Dikti, Balitbang Kemendiknas, Balitbang Provinsi Jawa Timur, dan Bappeda di beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur.
  3. Ketua Lembaga Penelitian Universitas Negeri Malang di Universitas Negeri Malang (2003—2007). Ada empat jalur stretegis yang dikembangkan selama menjadi Ketua Lembaga Penelitian di Universitas Negeri Malang, yaitu (1) pengembangan masyarakat riset iptek di kalangan dosen Universitas Negeri Malang; (2) pengembangan jaringan kerjasama penelitian antara Universitas Negeri Malang dengan lembaga-lembaga Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Daerah, dan lembaga-lembaga swasta; (3) pengembangan sistem informasi hasil-hasil penelitian; dan (4) pengembangan manajemen kelembagaan penelitian Universitas Negeri Malang. Dengan keempat jalur strategis tersebut, minat dosen untuk melakukan penelitian meningkat secara signifikan, program-program penelitian kerjasama tumbuh dan berkembang, pemanfaatan hasil-hasil penelitian oleh dosen meningkat, dan terciptanya manajemen Lembaga Penelitian Univeritas Negeri Malang semakin profesional.
  4. Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan di Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang (2007—2010).  Ada tiga jalur stretegis yang dikembangkan selama menjadi Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana di Universitas Negeri Malang, yaitu (1) pengembangan berbagai program publikasi untuk memperkenalkan Program Studi Manajemen Pendidikan kepada`masyarakat dalam rangka mendapatkan input (mahasiswa baru) yang lebih banyak dan berkualitas demi keberlanjutan Program Studi Manajemen Pendidikan; (2) meningkatkan kualitas layanan perkuliahan; dan (3) meningkatkan percepatan perkuliahan mahasiswa tanpa mengurangi kualitasnya. Dengan ketiga jalur strategis tersebut, minat masyarakat untuk memasuki Program Studi Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang meningkat dalam tiga tahun terakhir, tidak hanya dari kalangan dosen dengan beasiswa dari Kementerian Pendidikan Nasional, kalangan guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, pegawai Dinas Pendidikan Provinsi/Kabupaten Kota pun berminat mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa Program Studi Manajemen Pendidikan.
  5. Direktur Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang (2001—sekarang). Pada tahun 1997 Yayasan Sabilillah Malang yang dibina/dipimpin oleh Prof. Dr. K.H. Mohammad Tholhah Hasan, mengembangkan pendidikan, dengan meminta saya untuk menjadi pengembangnya. Pada tahun 1997—2001 saya diberi amanah sebagai Kepala SD Islam Sabilillah Malang, pada 2001—sekarang saya diberi amanat menjadi Direktur Lembaga Pendidikan Islam Sabilillah Malang tersebut yang mengkoordinasikan TK, SD, dan SMP. Sekarang TK, SD, dan SMP Islam Sabilillah sebagai lembaga pendidikan dengan sistem fullday school yang sangat diminati masyarakat. Gedung TK dan SD Islam Sabilillah Malang diresmikan pada tahun 1999 oleh Prof. Dr. Z. Ahmady (Dirjen Dikdasmen waktu itu). Sedangkan Gedung SMP Islam Sabilillah Malang diresmikan pada tanggal 6 Februari 2010 oleh Prof. Suyanto, Ph.D. (Dirjen Mandikdamen). Pada tanggal 6 Maret 2010 SMP Islam Sabilillah Malang mendapatkan kunjungan Bapak Menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Moh. Nuh, DEA.
  6. Direktur Pembinaan SD Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan RI (2010—2015). Pada tahun 2010  saya diangkat menjadi Direktur Pembinaan Sekolah Dasar di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dengan jabatan eselon II tersebut saya diminta membina tidak kurang dari 148.000 sekolah dasar negeri swasta di seluruh indonesia. Ada enam isu strategis diangkat dalam kepemimpinan saya, yaitu: (1) masih adanya beberapa provinsi dan kebupeten/kota yang memiliki angka pertisipasi murni SD yang belum mencapai rerata nasional; (2) masih tingginya angka putus sekolah; (3) banyaknya ruang kelas SD yang mengalami rusak berat; (4) banyaknya SD yang memenuhi standar mutu; (5) banyaknya program kesetaraan SD yang belum memenuhi standar mutu; dan (5) tatakelola pembinaan SD di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan sekolah yang belum profesional. Berdasarkan isu strategis dikembangkan kebijakan, program, dan kegiatan strategis dalam rangka mewujudkan visi pembinaan SD, yaitu terwujudnya SD yang merata, terjangkau, berkulitas sebagai pranata pembentukan karakter bangsa.

 Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd juga berpengalaman sebagai konsultan dan pengembang pendidikan, sebagaimana berikut ini.

  1. Konsultan Direktorat Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (sekarang diberi nama Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional (1996)
  2. Konsultan Primary Education Quality Improvement (PEQIP), Proyek kerjasama Bank Dunia dan Direktorat Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional (1997)
  3. Konsultan Basic Education Project (BEP), Proyek Kerjasama Bank Dunia Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional (1998—2000)
  4. Konsultan Penelitian Tindakan Manajemen Ketenagaan Guru SD dan SMP dalam Kerangka Otonomi Daerah, Proyek Kerjasama Bank Dunia dan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan Nasional (2001)
  5. Anggota Tim Pengembang TK/SD/SMP Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara Kaltim Prima Coal (KPC) Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur. Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan Yayasan Pendidikan Prima Swarga Bara Kaltim Prima Coal (KPC) Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur (2001—2002)
  6. Ketua Tim Pengembang SD/SMP/SMA Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur (pada saat kepemimpinan Bupati Dr. Awang Faroek), Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur Kalimantan Timur (2003)
  7. Ketua Pengembang SD dan SMP Potensial Kota Pasuruan Jawa Timur. Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan Jawa Timur (2004—2006)
  8. Ketua Tim Pengembang TK, SD, dan SMP Unggulan Yayasan Sekolah Nasional – Kontraktor Production Sharing (YSN-KPS) Balikpapan Kalimantan Timur. Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan  Yayasan Konsorsium Perusahaan Tambang Minyak UNOCAL, VICO, dan TOTAL (2004—2009)
  9. Ketua Tim Pengembang Sekolah Unggulan Terpadu (SD/SMP/ SMA/SMK) Kabupaten Lumajang Jawa Timur. Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang Jawa Timur (2004–2008)
  10. Ketua Tim Pengembang TK. SD, SMP, SMA Bertaraf Internasional, Yayasan Pendidikan Cendana (YPC) Chevron Pasific Indonesia (CPI) Riau. Program Kerjasama Universitas Negeri Malang dengan Yayasan Pendidikan Cendana (YPC) Chevron Pasific Indonesia (CPI) Riau (2006–2009)
  11. Ketua Tim Pengembang Manajemen Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan Jawa Timur (1990—1994).
  12. Konsultan Pengembangan Pendidikan Formal di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo Jawa Timur (1993—1994).
  13. Anggota Tim Pengembang Pendidikan Yayasan Sabilillah Malang (1997—sekarang).
  14. Pengembang TK/MI/SMP/MTs Unggulan Yayasan Darul Hikam Cirebon Jawa Barat (1006—2008).
  15. Pengembang Sekolah Unggulan TK/SD/MTs/SMA/MA di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Islami Kabupaten Bangkalan Jawa Timur (2006—2007).
  16. Tim Pengembang Pondok Pesantren Darul Lughah Wadda’wah Bangil Pasuruan Jawa Timur (1990—sekarang).
  17. Tim Pengembang Manajemen Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur (2000—2003).
  18. Ketua Tim Pengembang TK dan SD Hang Nadim Malay School Batam. Program Kerjasama Yayasan Sabilillah Malang dengan Yayasan Pendidikan Haji Abdul Ghani Batam (2009—2010)

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd seringkali diundang sebagai pemakalah/narasumber/ fasilitator dalam forum-forum seminar/diskusi/pelatihan tinkat lokal/ regional/nasional, seperti:

  1. Pemakalah seminar Formula Manajemen Pendidikan Dalam kerangka Otonomi Daerah di Bidang Pendidikan Dasar.  Diselenggarakan Universitas Negeri Malang, tanggal 23 Agustus 1990.
  2. Pemakalah seminar Reformasi Manajemen Pendidikan Dasar. Diselenggarakan oleh LP3K Sumenep, 27 Juli tahun 1998.
  3. Penyaji Orasi Ilmiah dalam Dies Natalis XII STAI PANA Pasuruan, Pendidikan Dasar Islam dalam Kenyataan dan Harapan. Diselenggarakan oleh STAI PANA Pasuruan, tanggal 12 Desember 1998.
  4. Pemakalah seminar Pengembangan Pembelajaran di SD Menyongsong Milenium Ketiga. Diselenggarakan oleh PSSJ PGSD FIP UM, tanggal 4 Desembar
  5. Pemakalah seminar Pemberdayaan Gugus Sekolah Dalam Rangka Menigkatkan Mutu Dan Kemampuan Profesional Guru dan  Tenaga Kependidikan di SD . Diselenggarakan Direktorat Pendidikan Dasar, tanggal 22-26 Feb. 1999)
  6. Pemakalah dalam Simposium Guru Tahun 2000 Profesionalisasi Guru dalam Rangka Implementasi Wawasan Keunggulan di Sekolah Dasar. Diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, tanggal 14-19 Februari 2000.
  7. Pemakalah Seminar Nasional Pembelajaran di SD: Preskripsi Membesarkan Anak Dalam Memasuki Milenium III. Diselenggarakan oleh UPP III PGSD FIP UM, tanggal 4 Maret 2000.
  8. Fasilitator dalam lokakarya Penyusunan Daftar Buku Bacaan dan Alat Bantu KBM SD-MI dan SLTP-MTs. Diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, tanggal 17-18 Juni 2000.
  9. Fasilitator dalam TOT Pengembangan Partisipasi Masyarakat SD-MI. Di selenggarakan Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, tanggal 21-23 Juli 2000.
  10. Pemrasaran Seminar Pembaharuan Pendidikan Dasar untuk para Kepala Sekolah Dasar Kabupaten Jombang. Diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, tanggal 14 Mei 2001.
  11. Fasilitator Lokakarya Pengembangan Gugus Sekolah Dasar dalam Rangka Impementasi School Based Management. Diselenggarakan Direktorat Pendidikan Dasar,  tanggal 18 s.d 21 Juli 2001.
  12. Pemakalah Simposium Pendidikan Nasional, Pendidikan Nasional di persimpangan Jalan, Solusi dan Pemecahannya. Diselenggarakan Program Pascasarjana UM, tanggal 13 Oktober 2001.
  13. Pemrasaran Seminar dan Lokakarya. Manajemen Berbasis Sekolah dan  Implementasi di Sekolah Dasar. Diselenggarakan oleh Plan Indonesia, tanggal 14 s.d 15 Januari 2002.
  14. Pemrasaran Seminar. Manajemen Sekolah Dasar Berwawasan Keunggulan. Diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur, tanggal 16 Pebruari 2002.
  15. Fasilitator pelatihan Peningkatan Profesionalisme Manajemen Sekolah Dasar, Diselenggarakan oleh KKMA Departemen Agama Gresik, tanggal 19 Maret 2002
  16. Pemakalah Seminar Lokakarya Pembinaan Kinerja Kepala SD Kabupaten Jombang. Dieselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, tanggal 15-18 April 2002.
  17. Nara Sumber Sarasehan Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar Berbasis Sekolah. Diselenggarakan Dinas Pendidikan Probolinggo, tanggal 25 April 2002
  18. Nara Sumber dalam seminar Pengembangan Pendidikan Dasar sebagai Investasi Jangka Panjang dalam Peningkatan SDM Daerah Kab.Pasuruan. Diselenggarakan oleh DPRD Kabupaten Pasuruan, tanggal 9 Oktober 2002 .
  19. Pemrasaran dalam seminar pendidikan “Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan dasar di Kabupaten Pasuruan. Diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan, tanggal 8 Maret 2003
  20. Fasilitator lokakarya Penerapan Shool-Based Quality Improvement Management di Sekolah-Sekolah Laboratorium Universitas Negeri Malang, Diselenggarakan LPM-UM (Tempat: LPM-UM, tanggal: April-Nop. 2003)
  21. Pemrasaran dalam seminar pendidikan Inplementasi MPMBS & KBK di Sekolah Dasar. Diselenggarakan oleh Kantor Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Blimbing, tanggal 26 April 2003.
  22. Pembicara Orasi Ilmiah Dalam Dies Natalis XII STAI PANA Pasuruan dengan judul Pendidikan Dasar Islam dalam Kenyataan dan Harapan, diselenggarakan oleh STAI PANA Pasuruan, tanggal 12 Desember 1998.
  23. Fasilitator dalam Lokakarya Penyusunan Daftar Buku Bacaan dan Alat Bantu KBM SD-MI dan SLTP-MTs, diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, tanggal 17-18 Juni 2000, di Hotel Mars Cipayung
  24. Fasilitator dalam TOT Pengembangan Partisipasi Masyarakat SD-MI, di selenggarakan Dinas Pendidikan Propinsi Sumatera Utara, tanggal 21-23 Juli 2000 di Balai Diklat Penerbangan Sumatra Utara
  25. Fasilitator dalam Pelatihan Peningkatan Profesionalisme Manajemen Sekolah Dasar, diselenggarakan oleh KKMA Departemen Agama Gresik, tanggal 19 Maret 2002
  26. Pemakalah “Arah dan Aplikasi Manajemen Mutu Terpadu dalam Penyelenggaraan Pendidikan Islam “, dalam Seminar Pendidikan Nasional. Tanggal 3 Juni 2003 di IAIN Sunan Ampel Surabaya
  27. Pemakalah “Pendidikan Islam Dalam Lintas Sejarah “, dalam Seminar Nasional, STAI Sunan Drajat Kranji Paciran Lamongan, tanggal 27 Mei 2001.
  28. Pemakalah “Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Islam Di Indonesia“, pada Seminar Nasional tanggal 22 Agustus 2001 di Jakarta Media Center (JMC)
  29. Pemakalah “Telaah Kritis Kurikulum Bidang Study Agama “, dalam Lokakaya tanggal 13 s.d 16 September 2001 di hotel Santoso Batu Malan.
  30. Pemakalah “Pengelolaan Pendidikan Agama Islam Di Era Otonomi Daerah”, dalam Seminar pada tanggal 15 November 2001, di Gedung Pertemuan P3 GI  Pasuruan
  31. Pemakalah “Peningkatan Profesi Profesionalisme Guru”, dalam Seminar Sehari Madrasah Terpadu Malang , pada tanggal 30 Desember 2001 di Gedung PSBB MAN 3 Malang
  32. Pemakalah “Pendidikan Agama Islam Terpadu & School Culture”, dalam Seminar Sehari Pada tanggal 15 Mei 2002 di Lamongan
  33. Pemakalah “Beberapa Pokok Pikiran Peningkatan Peran Alumni di Bidang Pendidikan”, dalam Sarasehan pada tanggal 3 Agustus 2002 di Ruang tamu Pondok Pasantren Sidogiri
  34. Pemakalah “Manajemen Pembelajaran PAI Sebuah Analisis Refleksi Teoritik Praktis,” dalam Penataran Guru SMU/K se-Jawa Timur (Tempat: Asrama Haji Sukolilo-Surabaya, Tanggal: 13-20 Mei 2002).
  35. Nara Sumber dalam Seminar Regional ”Sertifikasi Guru dan Kepala Sekolah: Antara Harapan dan Kenyataan,” diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kebupaten Pasuruan pada tanggal 4 Desember 2007.
  36. Pembicara dalam Seminar ”Peningkatan Profeslisme Guru Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah Atas/Kejuruan,” yang diselenggarakan oleh Direktorat Profesi Pendidik,Ditjen PMPTK, Kementerian Pendidikan Nasional, pada tanggal 29 Agustus 2007.
  37. Nara Sumber dalam ”Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah SMP Pola 72 Jam” yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung pada tanggal 10—16 Maret 2008.
  38. Nara Sumber dalam ”Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah TK/SD Pola 72 Jam” yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung pada tanggal 28 Februari—5 Maret 2008.
  39. Pemakalah ”Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar’” dalam Kuliah Umum Program Studi PGSD (S-1 PGSD) di Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, pada tanggal 20 November 2009.
  40. Pemateri dalam seminar ”Menyongsong Implementasi Sertifikasi Kepala Sekolah,” diselenggarakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Tadulako pada tanggal 4 Februari 2009.
  41. Nara Sumber dalam acara ”Sosialisasi Program Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan tahun 2010,” yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 15—16 Februari 2010.
  42. Fasilitator dalam lokakarya ”Peningkatan Kompetensi Guru Daerah Terpencil di Jawa Timur,” yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada tanggal 8—10 Maret 2010.
  43. Pemakalah dalam acara Seminar Nasional ”Manajemen dan Kepemimpinan Pembelajaran dalam Kerangka Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional” yang diselenggarakan oleh Universitas Lambung Mangkurat Kalimantan Selatan, 2015.
  44. Pemakalah dalam Seminar Nasional ”Penguatan Manajemen Pendidikan di Era Kompetisi Global” yang diselenggarakan oleh Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang bekerjasama dengan Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia (ISMaPI) Jawa Timur, 2016.

Leave a Comment