Malang, 1 Maret 2016

Malang, 1 Maret 2016

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia

Ass. Wr. Wb.

Alhamdulillah, pada hari ini kita memasuki awal bulan Maret tahun 2016. Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini Allah Yang Maha Kuasa memberikan umur panjang dan kesehatan kepada kita. Semoga Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia selalu sukses dalam menjalankan tugas-tugas pengabdiannya selaku pemimpin pembelajaran di sekolah masing-masing.

Sebagaimana RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH menyapa Bapak/Ibu Kepala Sekolah pada tanggal 1 Februari 2016 yang lalu, telah ditegaskan bahwa ada tujuh kinerja yang harus diunjukkan oleh Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah masing-masing. Kinerja pertama adalah bahwa Kepala Sekolah wajib menetapkan arah pengembangan sekolah yang jelas, sehingga dapat dijadikan arah kerja seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah (vision of learning). Arah yang dimaksud mencakup visi, misi, tujuan, target, dan keunggulan sekolah, minimal untuk 4 (empat) tahun ke depan.

Sekaitan dengan penetapan visi dan misi sekolah, sejak tahun 1996 melalui Program Asisten Kepala Sekolah Indonesia (PROAKSI) saya memberikan fasilitasi bimbingan atau konsultansi pengembangan sekolah unggulan, sekolah unggulan terpadu (SUT), sekolah rintisan bertaraf internasional (RSBI), dan sekolah-sekolah bertaraf internasional berbasis keislaman, termasuk di dalamnya juga madrasah-madrasah. Berdasarkan pengalaman tersebut dapat diambbil kesimpulan bahwa terdapat kebingungan pada sebagian besar kepala sekolah dan para guru dalam memahami pentingnya visi dan misi sekolah, Di antara mereka, ada sebagian yang tidak mampu membedakan antara visi sekolah dan misi sekolah, sehingga mengalami kebingungan dalam merusmukan visi dan misi sekolah. Saya melihat adanya rumusan visi di banyak sekolah yang sebenarnya bukan rumusan visi sekolah, melainkan rumusan misi sekolah, atau sebaliknya. Penulis juga menemukan adanya banyak rumusan visi dan misi sekolah yang tidak menginspirasi (uninspiring), tidak jelas atau tidak terarah (confusing), dan sangat panjang yang impossible for anyone to remember.  Demikian pula saya menemukan adanya rumusan visi dan misi sekolah yang tidak disusun bersama seluruh pemangku kepentingan, sehingga tidak dirasakan sebagai milik mereka. Bahkan yang lebih celaka lagi adalah masih ada sebagian kepala sekolah dan guru yang memandang sekolah tidak perlu memiliki visi dan misi, dan bilamana telah memiliki rumusan visi dan misi, tidak ditransmisikan ke dalam kurikulun sekolah (KTSP) dan kinerja pembelajaran. Astaghfirullah. Sungguh hal yang demikian itu ironis sekali bilamana dihubungkan dengan pernyataan Baker pada tahun 1990. Baker menyatakan “Vision without action is marely a dream. Action without vision just passes the time. Vision with action can change the world. “

Setiap sekolah wajib memiliki rumusan visi yang baik. Komponen utama (as core elements) yang sangat mendasar dan berguna bagi sekolah untuk memiliki rencana strategis sebagai peta jalan menuju kesuksesan sekolah adalah rumusan visi sekolah yang baik. (a clearly defined and well written Vision). Rumusan visi sekolah yang baik memberikan bimbingan dan inspirasi tentang apa yang menjadi fokus sekolah untuk dicapai dalam empat tahun atau delapan tahun ke depan. Developing strong vision and mission statements can help stakeholders in your school reach such a common understanding.

Akhirnya dalam kesempatan ini, saya menyarankan kepada para Kepala Sekolah di seluruh Indonesia, agar: (1) segera menyusun atau merumukan visi sekolahnya masing-masing; (2) jika sekolahnya telah memiliki rumusan visi sekolah, silakan rumusannya ditelaah kembali dan bilamana perlu direvisi agar memenuhi standar rumusan visi sekolah yang baik, yaitu singkat, jelas, menginspirasi, dan disusun bersama dengan seluruh pemangku kepentingan sekolah; dan (3) jika rumusan visi sekolahnya betul-betul baik, maka Kepala Sekolah selalu mensosialisasikannya kepada seluruh warga sekolah agar dipahami, dimiliki, dan mendapatkan dukungan dari mereka.

Terima kasih.
Wass. Wr. Wb.

IBRAHIM BAFADAL
Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH

Showing 2 comments
  • imam suprayogo
    Reply

    Subhanallah wa barakallah, saya secara tidak sengaja menemukan web “Rumah Visi Kepala Sekolah” ini. Segera saya membacanya, dan kesan yang saya peroleh bagus sekali. Umpama para kepala sekolah di seluruh tanah air mengetahui dan mengikutinya, maka dengan berbiaya yang sangat murah, praktis, dan efisien, mereka bisa menambah berbagai wawasan dan pengetahuan yang seharusnya dimiliki olehnya. Semoga sukses dan berkah, wassalam

  • Ibrahim Bafadal
    Reply

    Ass. Bapak Prof Imam Suprayogo
    Terima kasih atas apresiasi dari Prof. Sungguh saya terinspirasi oleh praktik baik Prof dalam “Program Menyapa” yang diprogramkan oleh Prof selama menjabat Rektor UIN Malang.
    Insyaallah saya akan terus memberikan pencerahan kepada kepala sekolah melalui website RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH. Namun saya mohon maaf, saya masih menata kembali website ini. Mohon do’a dan restu dari Prof. Dengan iringan do’a, semoga Prof selalu sehat wal afiat, sehingga selalu memberikan inspirasi kepada saya.

    Salam Ta’dzim,

    IBRAHIM BAFADAL

Leave a Comment