Malang, 1 Juli 2016

Malang, 1 Juli 2016

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia

 

Ass. Wr. Wb.

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Dengan kehendak-Nya kita pada hari ini masih bisa menghirup udara segar, selalu sehat wal afiat. Demikian pula segala puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT yang selalu memberikan bimbingan kepada kita, sehingga selalu berada di jalan yang lurus dalam mengemban amanah jabatan sebagai kepala sekolah, dan insyaallah merupakan jabatan yang mulia di sisi Allah S.W.T.

Para Bapak/Ibu Kepala Sekolah yg beragama Islam sudah hampir satu bulan lamanya melaksanakan ibadah puasa ramadhan. kami keluarga besar RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH Malang mendo’akan, semoga para Bapak/Ibu Kepala Sekolah dimasukkan oleh Allah S.W.T. ke dalam golongan orang-orang yg bertaqwa, selalu mendapakan kasih sayang dan ampunan dari Allah S.W.T. serta dijauhkan dari api neraka.

Lebih dari itu, kami keluarga besar RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH Malang mendorong agar ketaqwaan Bapak/Ibu Kepala Sekolah, yg merupakan buah dari puasa selama bulan ramadhan, dijadikan energi baru dalam memimpin sekolah. Begitu banyak ritualitas dan kebiasaan di bulan ramadhan yang dapat diterapkan dalam memimpin sekolah ke depan. Sebagai contoh, jika Bapak/Ibu Kepala Sekolah selalu shalat malam selama bulan ramadhan, maka setelah bulan ramadhan, marilah kita selalu shalat malam dan mendo’akan kemudahan guru dalam membelajarkan; mendo’akan keberhasilan, prestasi, dan pertumbuhan anak didik. Jika selama bulan ramadhan Bapak/Ibu Kepala Sekolah sering tadarrus dan tadabbur Al Quran,  setelah bulan ramadhan marilah kita lanjutkan kebiasaan tadarrus dan tadabbur tersebut,  sekaligus membiasakan diri membaca buku2 kepemimpinan pembelajaran agar kita semakin kompeten dan sukses dalam memimpin sekolah. Bilamana Bapak/Ibu Kepala Sekolah selama bulan ramadhan selalu bersikap sabar dan sopan, maka setelah ramadhan marilah kita selalu sabar, sopan, dan penuh kasih sayang dalam memimpin, membina, mengarahkan guru dan siswa. Bilamana Bapak/Ibu Kepala Sekolah secara disiplin mengawal dan menjaga diri dari hal-hal yang membatalkan puasa, maka setelah bulan ramadhan marilah kita selalu disiplin, jujur, adil, kerja keras dan penuh integritas dalam memimpin sekolah kita masing-masing.

Demikian pula bagi para Bapak/Ibu Kepala Sekolah yang non-muslim yang ikut menghormati dan toleransi terhadap orang-orang Islam yang lagi berpuasa, maka setelah bulan ramadhan ini marilah kita semuanya yang muslim dan non-muslim selalu saling menghormati, saling berdikusi memecahkan masalah-masalah yang dihadapi sekolah, dan saling asah-asih-asuh dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan.

Pendek kata, jadikanlah praktik-praktik baik selama di bulan ramadhan sebagai titik mulai memimpin sekolah dengan menggunakan pendekatan spiritual. RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH Malang menyebutnya dengan kepemimpinan pembelajaran berbasis spiritual.

Akhirnya, keluarga besar RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH Malang mengucapkan SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI  1 Syawal Tahun 1437 H. Mohon maaf lahir dan bathin. Semoga Allah S.W.T. menjadikan kita orang yang kembali suci dan mendapatkan kemenangan. Amiin !!!.

.
Terima kasih.

Wass. Wr. Wb.

IBRAHIM BAFADAL

Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH Malang

Leave a Comment