Malang, 1 Januari 2018

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Pertama-tama, marilah kita memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Atas kehendak-Nya kita diberi umur panjang sehingga pada hari ini, Senin, tanggal 1 Januari 2018 kita masih berkesempatan menghirup udara segar dan memasuki tahun baru, yaitu tahun 2018. Senyampang dalam suasana tahun baru ini, perkenankan saya atas nama Keluarga Besar Rumah Visi KEPALA SEKOLAH dalam kesempatan yang baik ini, mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2018, semoga di tahun ini dan tahun-tahun mendatang Bapak/Ibu selalu sehat, diberi kemudahan dan sukses dalam menjalankan tugas-tugas Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah.

Bilamana merujuk kepada Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 dapat ditegaskan bahwa saat ini beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan. Ada keinginan baik Pemerintah dengan menerbitkan peraturan tersebut, yaitu agar kepala sekolah tidak memandang tugas-tugas kekepalasekolahannya sebagai tugas tambahan, dan kepala sekolah didorong untuk konsentrasi memimpin sekolah dengan sebaik-baiknya. Namun, seharusnya atau idealnya, kepala sekolah tetap memiliki tugas mengajar walaupun sedikit, misalnya 3 – 6 jam pelajaran, bukan sekadar untuk mengatasi kekurangan guru di sekolahnya, namun yang lebih esensial adalah agar kepala sekolah sendiri selalu mengalami pertumbuhan profesional dalam pembelajaran yang menjadi tugas utama sekolah. Dengan pertumbuhan profesional tersebut kepala sekolah akan lebih berpeluang untuk berhasil melakukan pembinaan (supervsi) kepada guru dalam peningkatan mutu pembelajaran di sekolahnya.

Karenanya, dalam kesempatan ini, senyampang kita baru memasuki tahun baru 2018, atau memasuki semester ke-2 tahun pelajaran 2017/2018, saya memberikan beberapa saran sebagai berikut:
1. Walaupun dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017 beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan, sebaiknya kepala sekolah tetap mengajar agar mengalami pertumbuhan profesional dalam mengelola proses belajar-mengajar.
2. Bilamana di sekolah mengalami kekurangan guru, maka penugasan kepala sekolah dalam pembelajaran dalam rangka menutupi kekurangan guru. Bilamana di sekolah tersedia cukup guru, maka kepala sekolah dapat mengajar secara tim (team teaching) dengan guru lain. Sekali lagi saya tegaskan di sini, bahwa dengan kepala sekolah sekolah ikut mengajar atau membelajarkan peserta didik, diharapkan kepala sekolah selalu mengalami pertumbuhan profesional dalam mengelola proses belajar-mengajar sehingga akan lebih sukses dalam melaksanakan tugas pokoknya yang diatur oleh Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, yaitu melaksanakan supervisi terhadap guru.
3. Agar beban kerja kepala sekolah sepenuhnya untuk melaksanakan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, dan supervisi pelaksanaan tugas guru dan tenaga kependidikan sebagaimana diatur di dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017, maka sebaiknya tugas kepala sekolah dalam mengajar atau membelajarkan peserta didik tidak begitu banyak, cukup 3 (tiga) sampai dengan 6 (enam) jam pelajaran saja, atau mengajar secara tim dengan guru lain.

Dalam kesempatan kali ini saya ingin sekali mengingatkan bahwa misi utama yang diemban sekolah adalah membelajarkan peserta didik. Kualitas sebuah sekolah diukur dari seberapa berhasil sekolah tersebut menghartarkan peserta didik mengalami proses belajar dan pertumbuhan (optimize student learning and growth). Oleh karena itu, Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah seharusnya memerankan diri sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader), dan secara berkelanjutan melakukan supervisi pembelajaran. Dalam rangka itu kepala sekolah harus selalu mengalami pertumbuhan profesional secara berkelanjutan dalam mengelola proses belajar-mengajar.

Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Malang, 1 Januari 2018
IBRAHIM BAFADAL
Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH

Leave a Comment