Malang, 1 Januari 2016

Malang, 1 Januari 2016
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia
Ass. Wr. Wb.

Kita patut memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini Allah Yang Maha Kuasa mentakdirkan kita bisa memasuki tahun baru, tahun 2016. Senyampang dalam suasana tahun baru ini, perkenankan saya atas nama Keluarga Besar RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH dalam kesempatan yang baik ini, mengucapkan SELAMAT TAHUN BARU 1 JANUARI 2016, semoga di tahun ini dan tahun-tahun mendatang Bapak/Ibu selalu sehat wal- afiat dan sukses dalam menjalankan tugas-tugas Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah.

Kepala sekolah memang merupakan tugas tambahan Bapak/Ibu sebagai pendidik. Walaupun demikian, seluruh tugas tambahan tersebut harus dijalankan secara profesional, yaitu visioner, inspiratif, strategis, dan penuh integritas. Dalam kesempatan kali ini saya ingin sekali mengingatkan bahwa misi utama yang diemban sekolah adalah membelajarkan peserta didik. Kualitas sebuah sekolah diukur dari seberapa berhasil sekolah tersebut menghartarkan peserta didik mengalami proses belajar dan pertumbuhan (optimize student learning and growth). Oleh karena itu, Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah seharusnya memerankan diri sebagai pemimpin pembelajaran (instructional leader).

Kepala sekolah adalah pemimpin pembelajaran. Oleh karena itu pertanggungjawaban keberhasilan Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah diukur bukan dari seberapa banyak investasi sarana dan prasarana sekolah yang telah dibangun oleh Bapap/Ibu, melainkan diukur dari seberapa banyak keberhasilan Bapak/Ibu mendorong, mendukung, menfasilitasi, mengkoordinasi, mensupervisi praktilk-praktik pengembangan pembelajaran yang berujung pada optimalisasi belajar dan pertumbuhan peserta didik. Kepemimpinan pembelajaran itu bukan hanya sebagai posisi, melainkan juga sebagai tindakan kepemimpinan pembelajaran. Tindakan-tindakan yang seharusnya dilakukan oleh Bapak/Ibu sebagai pemimpin pembelajaran sebagai berikut. Pertama, memberikan perhatian terhadap pengembangan dan pembinaan kurikulum (KTSP) untuk optimalisasi prestasi peserta didik. Kedua, mengupayakan program-program pengembangan guru untuk meningkatkan kompetensi-kompetensi kepribadian, paedagogik, sosial, dan profesional guru. Ketiga, memberikan dukungan terhadap pengembangan pendekatan, motode, perangkat pembelajaran yang dilakukan oleh guru atau mendorong guru agar tiada henti melalu pengembangan pendekatan, motode, perangkat pembelajaran. Keempat, berusaha mengembangkan dan memberdayakan seluruh sumber daya sekolah demi keefektifan pembelajaran bagi seluruh peserta didik. Dana sekolah yang tersedia, dari manapun sumbernya, tidak digunakan terkecuali untuk mendukung pembelajaran. Demikian pula seluruh fasilitas sekolah yang tersedia, tidak digunakan terkecuali untuk mendukung pembelajaran. Kelima, melakukan kunjungan supervisi ke kelas-kelas dimana pembelajaran sedang berlangsung. Amatilah guru dalam mengajar dan peserta didik dalam belajar. Berilah masukan-masukan perbaikan pembelajaran ke pada guru agar mereka semakin profesional membelajarkan peserta didik. Keenam, melakukan “blusukan” atau mendorong guru-guru melakukan “blusukan” (kunjungan) ke komite sekolah, paguyuban kelas, rumah orang tua siswa, tokoh-tokoh masyarakat/agama/adat, kantor pemerintah, kantor swasta, dan sebagainya untuk mendapatkan dukungan moral maupun material demi kesuksesan pembelajaran peserta didik.

Senyampang kita baru memasuki tahun baru 2016, marilah Bapak/Ibu membiasakan diri mencatat seluruh aktivitas Bapak/Ibu sebagai kepala sekolah dalam bentuk Jurnal Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tujuannnya bukan sekadar pencatatannya, melainkan agar Bapak/Ibu pada setiap bulan melakukan eveluasi diri untuk mengetahui seberapa banyak waktu dan tindakan kepemimpinan Bapak/Ibu yang berorientasi pada pengembangan dan pembinaan kurikulum, pembelajaran, dan belajar peserta didik. Bilmana ternyata waktu dan tindakan kepemimpinan Bapak/Ibu jauh lebih banyak yang berorientasi pada pengembangan dan pembinaan kurikulum, pembelajaran, dan belajar peserta didik, maka Bapak/Ibu akan berhasil dalam memimpin sekolah.

Pada intinya, jadikan tahun 2016 ini sebagai tahun kepemimpinan pembelajaran.

Terima kasih.
Wass. Wr. Wb.

IBRAHIM BAFADAL
Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH

Leave a Comment