Malang, 1 Februari 2016

Malang, 1 Februari 2016
Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia

Ass. Wr. Wb.
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah Yang Maha Kuasa. Pada hari ini Allah Yang Maha Kuasa memberikan umur panjang dan sehat wal afiat kepada kita, sehingga pada hari ini, Senin, tanggal 1 Februari 2016 kita dapat menghirup udara segar dan dapat kembali mengabdikan diri dalam tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah. Dalam kesempatan yang baik ini Keluarga Besar RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH mengucapkan salam hangat untuk seluruh Kepala Sekolah di seluruh Indonesia, dan mengucapkan terima kasih atas kerja keras para Kepala Sekolah. Tingkatkan kerja keras Bapak/Ibu, dengan iringan do’a semoga Bapak/Ibu selalu sehat wal’afiat.

Dalam kesempatan ini RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH mengingkatkan kembali bahwa ada tujuh kinerja yang harus diunjukkan oleh Kepala Sekolah sebagai pemimpin pembelajaran di sekolah. Ketujuh kinerja tersebut harus dijalankan secara profesional, yaitu visioner, inspiratif, strategis, dan penuh integritas.

Pertama, Kepala Sekolah menetapkan arah pengembangan sekolah yang jelas, sehingga dapat dijadikan arah kerja seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah (vision of learning). Arah yang dimaksud mencakup visi, misi, tujuan, target, dan keunggulan sekolah, minimal untuk 4 (empat) tahun ke depan.

Kedua, Kepala Sekolah menumbukembangkan budaya dan iklim pembelajaran yang efektif (learning culture). Pembelajaran yang dimaksud mencakup pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. Termasuk di dalamnya adalah budaya non kurikuler dalam rangka penumbuhan budi pekerti yang baik sebagaimana dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mas Anis Baswedan. Kepala sekolah wajib menumbuhkembangkan sekolah sebagai organisasi pembelajaran (learning organization)

Ketiga, Kepala Sekolah mengembangkan dan memberdayakan seluruh sumberdaya sekolah untuk mendukung pembentukan budaya dan iklim pembelajaran yang efektif. Kepala sekolah mengembangkan dan memberdayakan pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana sekolah, dan seluruh dana untuk terciptanya lingkungan belajar yang kondusif bagi semua peserta didik (learning environment)

Keempat, Kepala Sekolah seharusnya selalu berupaya meningkatkan peran serta orang tua peserta didik dan masyarakat dalam rangka menciptakan pembelajaran yang berkualitas bagi semua peserta didik (school-community relation). Ciptakan upaya-upaya kreatif yang dapat membuat orang tua siswa dan masyarakat selalu dan selalu berfikir dan membantu peningkatan mutu pembelajaran.

Kelima, Kepala sekolah harus menampilkan kepribadian yang baik dalam bertindak bagi kesuksesan pembelajaran semua peserta didik (acting with integrity, fairness, and ethics leadership). Kepala sekolah adalah model kepribadian bagi seluruh warga sekolah.

Keenam, Kepala Sekolah menampilkan tindakan kepemimpinan yang berjiwa kewirausahaan (visioner, inspirational and strategic leardeship).

Ketujuh, Kepala Sekolah menampilkan tindakan kepemimpinan yang melandaskan diri kepada profil dan budaya masyarakat, sosial, budaya, ekonomi, politik, dan hukum lokal dan negara (social context based activities).

Terima kasih.
Wass. Wr. Wb.

IBRAHIM BAFADAL
Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH

Leave a Comment