Malang, 1 April 2016

Malang, 1 April 2016

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia

 

Ass. Wr. Wb.

Alhamdulillah wa syukurillah kita selalu dalam keadaan sehat wal afiat.  Semoga Bapak/Ibu Kepala Sekolah di seluruh Indonesia selalu sukses dalam menjalankan tugas-tugas pengabdiannya selaku pemimpin pembelajaran di sekolah masing-masing.

Sebagaimana RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH menyapa Bapak/Ibu Kepala Sekolah pada tanggal 1 Maret 2016 yang lalu, telah dinukilkan pernyataan Baker pada tahun 1990. Baker menyatakan “Vision without action is marely a dream. Action without vision just passes the time. Vision with action can change the world. “ Setiap sekolah wajib memiliki rumusan visi yang baik. Komponen utama (as core elements) yang sangat mendasar dan berguna bagi sekolah untuk memiliki rencana strategis sebagai peta jalan menuju kesuksesan sekolah adalah rumusan visi sekolah yang baik (a clearly defined and well written Vision). Rumusan visi sekolah yang baik memberikan bimbingan dan inspirasi tentang apa yang menjadi fokus sekolah untuk dicapai dalam empat tahun atau delapan tahun ke depan. Developing strong vision and mission statements can help stakeholders in your school reach such a common understanding.  Sehingga sangat disarankan kepada para Kepala Sekolah di seluruh Indonesia, agar: (1) segera menyusun atau merumuskan visi sekolahnya masing-masing; (2) jika sekolahnya telah memiliki rumusan visi sekolah, silakan rumusannya ditelaah kembali dan bilamana perlu direvisi, agar memenuhi standar rumusan visi sekolah yang baik, yaitu singkat, jelas, menginspirasi, dan disusun bersama dengan seluruh pemangku kepentingan sekolah, dan segera merevisinya. Dalam singkat kata, merumuskan visi sekolah dengan baik menjadi wajib ‘ain bagi setiap kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran. Rumusan visi sekolah yang baik memberikan bimbingan dan inspirasi tentang apa yang menjadi fokus sekolah untuk dicapai dalam empat tahun atau empat tahun ke depan atau lebih.

Barangkali banyak kepala sekolah yang bertanya-tanya: mengapa di atas, sangat diwajibkan kepada setiap sekolah untuk memiliki rumusan visi sekolah yang baik? Mungkin ada kepala sekolah yang juga bertanya: apakah kepala sekolah dan guru-guru tidak membuang-buang waktu sia-sia hanya untuk merumuskan visi sekolah? Untuk menjawab pertanyaan mendasar tersebut, perlu dikedepankan pendapat Murgatroyd dan Morgan (1993) yang menyatakan bahwa perumusan visi yang baik merupakan “the starting point for Total Quality Management in School.”  Artinya untuk menuju sekolah yang bermutu secara terpadu harus dimulai dengan perumusan visi sekolah yang baik. Lebih lanjut, kedua pasangan penulis tersebut menjekaskan ada tiga fungsi sebuah rumusan visi yang baik. The first function of a vision is to inspire. Rumusan visi sekolah yang baik akan menjadi sumber inspirasi dan sumber kekuatan (energises people) bagi semua pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah, bahkan seluruh pemangku kepentingan. Rumusan visi sekolah menjadi dasar dalam mendorong, memberdayakan, dan mengembangkan seluruh staf sekolah. The second function of a vision statement is to act as a cornerstone for decision-making. Rumusan visi yang baik akan selalu menjadi pertimbangan dalam setiap kepala sekolah, guru dan staf mengambil keputusan. Dalam kehidupan sehari-hari di sekolah begitu banyak pertimbangan-pertimbangan yang masuk ke kepala sekolah. Selanjutnya kepala sekolah harus mampu memiliki pertimbangan yang paling baik. Di sinilah pentingnya rumusan visi sekolah yang baik yang dapat dijadikan dasar dalam memilih pertimbangan-pertimbangan yang paling tepat dan sangat mendukung pencapaian visi sekolah. The third function of a vision statement is to enable all in the school to find common points for focusing energy. Dengan adanya visi yang jelas, kepala sekolah dapat mendayagunakan seluruh sumber daya dan investasi yang dimiliki sekolah semata-mata untuk menggapai visi sekolah. Tidak sedikit pun uang dimiliki sekolah dibelanjakan selain dalam upaya menggapai visi sekolah. Dengan adanya visi sekolah, maka seluruh sumber daya manusia, sarana dan prasarana, dan dana yang tersedia di sekolah difokuskan untuk peningkatan mutu proses belajar-mengajar dan visi sekolah.

Demikianlah betapa pentingnya rumusan visi sekolah yang baik, semoga menjadi motivasi bagi para kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolahnya masing-masing. Ingatlah pernyataan

Baker di atas yang menyatakan “Vision without action is marely a dream. Action without vision just passes the time. Vision with action can change the world. “

Terima kasih.

Wass. Wr. Wb.

IBRAHIM BAFADAL

Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH

Leave a Comment