.

MENGAPA SAYA MENDIRIKAN RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH?

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Alhamdulillah, setelah purna tugas sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tepatnya sejak tanggal 1 September 2015, saya mulai mengembangkan dan insyaallah akan membesarkan RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH, sebagai Instructional Leadership Center. Sebenarnya lembaga tersebut didirikan beberapa tahun sebelumnya, dihadapan seorang notaris yang berkedudukan di Malang dengan nama lembaga GOOD PRINCIPAL PRODUCTION HOUSE. Oleh karena pada akhir bulan November 2010 sampai akhir bulan Agustus 2015 saya diberi amanah sebagai Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, maka selama itu pula kegiatan GOOD PRINCIPAL PRODUCTION HOUSE berhenti sementara waktu. Dan, begitu saya tidak lagi menjabat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (sejak tanggal 1 September 2015), saya tergerak lagi untuk melanjutkan pengabdian saya mengembangkan GOOD PRINCIPAL PRODUCTION HOUSE, namun dengan nama baru, yaitu RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH. Penggunaan kata “VISI” pada nama baru tersebut adalah singkatan dari visioner, inspiratif, strategis, dan integritas. Sebagai Guru Besar Manajemen Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang, saya mencita-citakan RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH ini menjadi pusat pengembangan dan pemberdayaan kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran yang visioner, inspiratif, strategis, dan integritas. Spirit saya sederhana, yaitu ingin menghantarkan guru profesional menjadi kepala sekolah profesional dalam rangka membelajarkan anak bangsa.

Asumsi yang mendasari lahirnya GOOD PRINCIPAL PRODUCTION HOUSE dan berganti nama menjadi RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH adalah bahwa tidak ada mutu pendidikan di sekolah tanpa kualitas kepemimpinan kepala sekolah. Jika guru dipandang sebagai unsur penting dan ujung tombak peningkatan mutu pembelajaran, maka kepala sekolah merupakan unsur terpenting dan ujung tombak kepemimpinan pendidikan atau kepemimpinan pembelajaran di sekolah. Kepala sekolah profesional merupakan pengungkit potensi guru dalam mengungkit potensi siswa. Kepala sekolah adalah kunci keberhasilan sekolah. Kepala sekolah merupakan “kompas” kemana sekolah anak bangsa akan dibawa ke depan. Kepala sekolah merupakan “nahkoda” kemana anak bangsa akan dihantar menuju masa depannya masing-masing.

Jujur saya akui bahwa asumsi-asumsi yang sangat mendasar tersebut telah mewarnai pikiran dan hati saya sejak menempuh pendidikan Strata 1 (S1) di Kota Malang, tepatnya di Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang (sekarang menjadi Universitas Negeri Malang). Begitu saya menempuh pendidikan S1, tumbuh keyakinan pada diri saya akan pentingnya pengelolaan dan kepemimpinan sekolah yang baik dalam rangka peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah. Keyakinan dan Kesadaran tersebut semakin tumbuh dan berkembang setelah saya diangkat menjadi tenaga fungsional (dosen) di Universitas Negeri Malang dan menempuh pendidikan magister dan doktor Program Studi Manajemen Pendidikan di universitas yang sama sampai meraih gelar doktor bidang manajemen pendidikan pada tahun 1995. Melalui kajian-kajian ilmu manajemen dan kepemimpinan saya semakin menyadari bahwa kepala sekolah adalah aktor terpenting pengelolaan dan kepemimpinan pendidikan di sekolah. Kepala sekolah adalah pemeran utama dan terpenting implementasi seluruh kebijakan pendidikan di level sekolah. Sekali lagi akan ditegaskan bahwa tidak ada mutu pendidikan di sekolah tanpa kualitas kepemimpinan kepala sekolah.

Lembih lanjut, begitu saya: (1) bersama sejumlah kolega mendirikan TK/SD/SMP/SMA Islam Sabilillah Malang dan alhamdulillah sekolah-sekolah tersebut berkembang pesat menjadi sekolah Islam bertaraf internasional; (2) menjadi konsultan pendidikan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, konsultan pendidikan di sejumlah lembaga pendidikan yang dikembangkan oleh perusahaan asing, (3) mendapatkan kesempatan untuk melihat praktik baik (the best practices) sekolah-sekolah yang baik atau unggul di Malaysia, Singapura, Australia, Jerman, China, Turki, New Zealand, Taiwan, Bangkok, Nepal, dan Amerika yang didanai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saya semakin yakin bahwa untuk menjadi menjadi sekolah yang baik, sekolah hebat, sekolah sang juara, sekolah berkarakter, sekolah unggulan, dan sekolah bertaraf internasional, diperlukan kehadiran seorang kepala sekolah yang profesional, yaitu kepala sekolah yang visioner, inspiratif, strategis, dan integritas. Keyakinan tersebut semakin tumbuh sumbur, begitu saya menjadi Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebagaimana telah dijelaskan di muka. Dalam berbagai kunjungan saya ke banyak sekolah dasar di Indonesia, saya menemukan banyak sekolah dasar yang baik itu pasti dipimpin oleh kepala sekolah yang sangat kompeten, atau pernah dipimpin oleh kepala sekolah yang kompeten.

Betapa pentingnya keberadaan kepala sekolah yang profesional dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis sekolah, sehingga kepala sekolah perlu dikembangkan dan diberdayakan secara serius, sistemik dan sistematik. Dan juga ….. akhirnya, saya terpanggil untuk mendirikan, mengembangkan, dan membesarkan RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH yang berpusat di kota pendidikan, yaitu Kota Malang.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Malang, 6 Desember 2015,
Direktur,

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd

Silakan Memberikan Masukan Isi Halaman Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *