Buku Teori dan Praktis bagi Kepala Sekolah

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, Direktur RUMAH VISI KEPALA SEKOLAH,  telah menulis beberapa buku teori dan praktis bagi kepala sekolah, calon kepala sekolah, mahasiswa administrasi pendidikan atau manajemen pendidikan. Buku-buku tersebut sebagai berikut.

  1. PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Buku tersebut menjelaskan langkah-langkah praktis mengelola layanan teknis maupun layanan pembaca. Di dalamnya terdapat contoh-contoh praktis pengadaan, inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, pelabelan dan penataan koleksi pustaka sekolah. Di dalam buku tersebut juga dijelaskan bagaimana cara praktis menumbuhkembangkan minat baca siswa. Buku tersebut ditebitkan oleh Penerbit PT Bumi Aksara Jakarta. dan telah dicetak berkali-kali, karena sangat diminati masyarakat, dan sangat tepat untuk dibaca kepala sekolah dalam rangka membina perpustakaan sekolahnya. Pada tahun 2014 buku tersebut diproduksi lagi dalam cetakan ke-9.

  1. MANAJEMEN PERLENGKAPAN SEKOLAH

Buku tersebut menjelaskan langkah-langkah praktis manajemen perlengkapan sekolah, terdiri dari lima bab, yaitu (1) konsep dasar manajemen perlengkapan sekolah; (2) jenis perlengkapan sekolah; (3) pengadaan dan pendistribusian perlengkapan sekolah; (4) pemakaian perlengkapan sekolah; (5) inventarisasi dan penghapusan perlengkapan sekolah. Buku yang diterbitkan oleh Penerbit PT Bumi Aksara tersebut dilengkapi dengan contoh-contoh praktis. Sangat tepat dibaca oleh para kepala sekolah, calon kepala sekolah, dan siapa saja yang memiliki minat terhadap manajemen pendidikan dan kepemimpinan pembelajaran.

  1. SUPERVISI PENGAJARAN

Judul lengkap buku tersebut adalah “Supervisi Pengajaran: Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru.” Diterbitkan PT Bumi Aksara pada tahun 1992. Buku ini memang buku yang telah lama disusun dan diterbitkan, namun sampai saat ini buku ini sangat laris, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat pendidikan. Di dalam buku tersebut diungkapkan secara praktis bagaimana seorang kepala sekolah melakukan pembinaan kompetensi dan motivasi guru dalam pembelajaran. Yang tidak kalah pentingnya, di dalamnya diungkapkan langkah-langkah praktis penyelenggaraan supervisi klinis.

  1. MANAJEMEN PENIINGKATAN MUTU SEKOLAH DASAR

Judul lengkap buku tersebut adalah “Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar: Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi dan Berbasis Sekolah.” Buku tersebut mulai diterbitkan oleh Penerbit PT Bumi Aksara pada tahun 2004 dan sampai saat ini mengalami cetak ulang beberapa kali karena sangat laris alias dibutuhkan masyarakat. Ada tiga kelebihan buku tersebut. Pertama, di dalam buku tersebut banyak dijelaskan tentang sekolah dasar yang baik dan unggulan, sehingga sangat berguna bagi kepala sekolah untuk membina sekolahnya masing-masing menuju sekolah yang lebih baik dan unggul. Kedua, di dalam buku ini dibahas tentang langkah-langkah yang dapat ditempuh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Ketiga, yang jauh lebih urgen adalah bahwa di dalam buku tersebut dijelaskan bagaimana mengimplementasikan manajemen berbasis sekolah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

  1. PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR

Cetakan pertama buku ini pada tahun 2004 dan pada tahun 2013 telah memasuki cetakan ke-6. Buku ini betul-betul laris, sebab buku ini menjelaskan pendekatan, metode, teknik, dan langkah-langkah peningkatan profesionalisme guru sekolah dasar dalam kerangka manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah. Jumlah halaman buku hanya 112 halamam. Di dalam buku tersebut banyak dikumukakan gambar-gambar atau bagan-bagan yang memudahkan para pembacanya.

  1. MANAJEMEN DAN SUPERVISI TAMAN KANAK-KANAK

Buku tersebut semula disusun untuk dijadikan bahan ajar Pendidikan Guru Taman Kanak-kanak yang didanai oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1995. Ternyata buku tersebut sangat dibutuhkan oleh kepala sekolah dan guru taman kanak-kanak. Bahkan banyak kepala sekolah yang menyarakan agar buku tersebut dicetak dalam jumlah yang banyak, sehingga pada tahun 2004 buku tersebut dicetak untuk masyarakat luas oleh Penerbit PT Bumi Aksara. Buku tersebut terdiri dari 7 bab. Bab I—5 menjelaskan manajemen taman kanak-kanak yang efektif, bab 6 memaparkan supervisi pendidikan taman kanak-kanak, sedangkan bab 7 menjelaskan sistem informasi dan pelaporan penyelenggaraan taman kanak-kanak.

Leave a Comment