Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd

Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd adalah Dosen Jurusan Adminisitrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang sejak tahun 2009. Setelah menyelesaikan pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) Matholi’ul Anwar Simo, Beliau melanjutkan pendidikan S1 dan S2 di Universitas Negeri Malang pada Program Studi Manajemen Pendidikan. Selama mahasiswa aktif di kegiatan intra dan ekstra kampus. Sampai sekarang masih terlibat dengan forum-forum ilmiah, baik sebagai peserta maupun narasumber. Selain itu aktif menulis di berbagai jurnal, terutama bidang manajemen pendidikan. Terlibat dalam USAID Prioritas sebagai Fasilitator Pembelajaran dan Manajemen Berbasis Sekolah serta terlibat di LP2KS sebagai Master Trainer. Aktif melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik dilakukan secara individu maupun kelompok. Penulis dapat dihubungi melalui email: nurabadi82@gmail.com.

Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengembangan pembelajaran, di antaranya adalah Pelatihan Applied Approach (pelatihan perancangan pembelajaran) (2010), Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Modul/e-learning (2011), Pelatihan Active Learning for Higher Education (2011), Workshop on Digital Learning Material Development (2013), ToT Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (2013), ToT Master Trainer Calon Kepala Sekolah (2013), dan Pelatihan Pelatih untuk Modul 1, 2, dan 3 (2014). Sebagai dosen Universitas Negeri Malang, Beliau pun banyak membina perkuliahan antara lain: Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan Manajemen Kelas, Komputer Aplikasi Manajemen Pendidikan, Sistem Belajar Mengajar, Ekonomi Pendidikan, dan Manajemen Sarana dan Prasarana di Jurusan AP.

Sebagai tenaga akademisi Universitas Negeri Malang, Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd memang tergolong sebagai dosen muda, namun sangat produktif dalam melakukan penelitian. Sementara ini penelitian-penelitian yang dilakukannya, antara lain:

  1. Ketersediaan dan Pemanfaatan Perangkat Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran di FIM UM (2012).
  2. Manajemen Pendidikan Karakter Sekolah berbasis Religi (2013).
  3. Pola Penjaminan Mutu Berbasis Nilai-nilai Sekolah (2013).
  4. Pengembangan Model Audit Manajemen untuk Meningkatkan Kinerja Manajerial Kepala Sekolah (2014-2015).
  5. Pengelolaan Satuan Pendidikan Sekolah Dasar Dengan Jumlah Peserta Didik Di Atas 400 Kabupaten Sidoarjo Tahun (2015).
  6. Pelaksanaan MBS di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang (2015).
  7. Manajemen Pendidikan berbasis budaya dan lingkungan sekolah (2015).
  8. Standarisasi Penilaian Hasil Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran (2016).

Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd sangat aktif dalam kegiatan-kegiatan konferensi, seminar, lokakarya, dan symposium, baik di tingkat lokal, regional, nasional, maupun ineternasional, baik sebagai peserta maupun sebagai pemakalah/narasumber. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Sebagai peserta Seminar Nasional Sertifikasi Kepala Sekolah, pengawas dan pengembangan kompetensi guru sebagai jembatan menuju tenaga pendidik dan kependidikan yang profesional (2010).
  2. Sebagai peserta Diskusi ilmiah tentang paradigma konstruktivisme: teori pendidikan, jalan pembebasan bagi umat manusia (2010).
  3. Sebagai pembicara Seminar Implementasi pendidikan budaya dan karakter di SD/MI (2011).
  4. Sebagai peserta Indonesian FIP-JIP Forum and the International Seminar on the Theme The Grand Design of Teacher Education and Educational Personnel (2011).
  5. Sebagai peserta Workshop Peningkatan Mutu Pembelajaran di Perguruan Tinggi (2011).
  6. Sebagai peserta Workshop Penyusunan Proposal Penelitian (2011 dan 2016).
  7. Sebagai Pemateri International Conference on Educational Management Administration and Leadership (ICEMAL) (2012).
  8. Sebagai peserta Seminar dan Lokakarya Nasional Program Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) (2013).
  9. Sebagai peserta Lokakarya Model-model Pembelajaran (2013).
  10. Sebagai peserta Pelatihan Penggunaan Aplikasi Program OJS Ditlitabmas (2013)
  11. Tim Penilai Lomba Budaya Mutu Sekolah yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SD Ditjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2014).
  12. Sebagai peserta Lokakarya Analisis Data/Instrumen Evaluasi Pembelajaran (2015).

Sejak diangkat sebagai tenaga akademisi Universitas Negeri Malang Ahmad Nurabadi juga sangat aktif dalam penulisan karya ilmiah. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

  1. Artikel berjudul Pengaruh Motivasi Kerja dengan Kepemimpinan Kepala Sekolah, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2010).
  2. Artikel berjudul kepemimpinan dan manajemen konflik, Proceeding The 4thInternational Conference on Educational Administration, Management, and Leadership (ICEMAL) (2012).
  3. Artkel berjudul Peran Kepala Madrasah dalam Manajemen Konflik, dimuat di dalam Jurnal Ilmu Pendidikan (2012).
  4. Artikel berjudul Peningkatan Motivasi Berprestasi Mahasiswa melalui Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan, dimuat di dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Revitalisasi Manajemen Pendidikan Nasional Menuju Perbaikan Mental” (2014).
  5. Artkel berjudul Ketersediaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pembelajaran, dimuat di dalam Jurnal Manajemen Pendidikan (2014).

Kegiatan pengabdian sebagai narasumber dan pendampingan kepada masyarakat yang pernah dilakukan oleh Ahmad Nurabadi, S.Pd M.Pd antara lain:

  1. Pengembangan kepemimpinan peserta didik di MA swasta dan negeri se kota batu (2012).
  2. Pembinaan Pengembangan MBS SD Tingkat Gugus (2012).
  3. Pengembangan kemampuan guru dalam melaksanakan PTK melalui teknik peer supervision di SD-MI kecamatan donomulyo Kab. Malang (2012).
  4. Impelementasi Manajemen Berbasi Sekolah pada Sekolah Dasar se Propinsi Kalimantan Tengah (2013).
  5. Visitasi Lomba Budaya Mutu di SD (2015).
  6. Pendampingan untuk Penataan dan Pemerataan Guru di Kabupaten Sampang (2015).
  7. Diseminasi Modul 1 praktik pembelajaran yang baik di SMP/MTs. (2016),

Sejak tahun 2009 sampai sekarang Ahmad Nurabadi, S.Pd, M.Pd  menajdi anggota Ikatan Sarjana Manajemen Pendidikan Indonesia (ISMaPI), sejak tahun 2011 Beliau menjadi anggota Tim Gugus Penjamin Mutu, dan sejak tahun 2014 aggota Tim AIMA Badan Penjaminan Mutu Universitas Negeri Malang.

Leave a Comment